Header Ads

Tim Penilai Smesco Award Kunjungi Uma Inovasi Selangit


Musi Rawas – Uma Inovasi Selangit merupakan salah satu usaha kecil menengah (UKM) di Kabupaten Musi Rawas yang menjadi nominator penerima Small and Medium Enterprises and Cooperatives (Smesco) Award 2018 yang akan digelar pada 26-27 Oktober 2018 di Jakarta yang akan diserahkan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM RI.
Untuk meraih penghargaan bergengsi di bidang UKM ini, Senin (15/10/2018), Tim penilai Smesko Award yang terdiri dari Ketua Tim Juri Smesco Award H Irsyad Muchtar, SH, MM dan Kasi LLP KUKM Smesco Indonesia, Irwan mengunjungi Uma Kopi Selangit untuk melakukan peninjauan dan penilaian.
Setiba di Uma Kopi Selangit yang berada di Kelurahan Selangit, tim disambut oleh Pengurus Uma Inovasi Selangit, PJ Sekertaris Daerah Kabupaten Mura, Drs Priskodesi, Ketua Tim Penggerak PKK Mura, dr Hj Noviar Marlina Gunawan dan Pimpinan SKPD dan Camat Selangit serta masyarakat.
Sebelum meninjau produk uma inovasi selangit, tim penilai melakukan diskusi dengan pengurus uma inovasi selangit dan perangkat pemerintah daerah. Pada kesempatan itu, pengurus Uma Kopi Selangit, Yanuardi Betra Kurniawan, S.IP memaparkan produk-produk inovasi serta jaringan kerja uma kopi selangit.
Dikatakan Yanuar, Uma Inovasi Selangit berdiri atas inisiatif pemuda yang berani memajukan kesejahteraan masyarakat melalui wirausaha yang dimulai dari desa dengan pendekatan kelompok ekonomi produktif seperti UKM, Koperasi dan kelompok tani dengan berbasiskan sumberdaya alam lokal.
Ada beberapa produk inovasi yang dihasilakan dari UKM Uma Inovasi Selangit, diantaranya Kopi Selangit Musi Rawas, Parfum Kopi, Bajungsong (batik, jumputan dan songket), kreasi buah karet dan lamtoro, tas songket dan bambu, abon lele, jamur tiram krispi, bandrek jahe pinang muda, budi daya patin dan bank sampah.
Untuk pemasaran, lanjut Yanuar produk-produk inovasi ini telah dipasarkan dengan beragam cara baik dengan cara manual maupun dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada seperti media sosial, website, lapak jual beli online dan lainnya. dirinya berharap dengan adanya Uma Inovasi Selangit ini selain dapat memproduksi produk inovasi juga dapat menyerap tenaga kerja dan pada akhirnya tingkat kesejahteraan masyarakat dapat meningkat.
Sementara itu, PJ Sekda Mura, Drs Priskodesi yang ikut mendampngi tim penilai memberikan apresiasi dan mengucapkan terimah kasih kepada tim penilai Smesco Award yang telah menetapkan Uma Inovasi Selangit sebagai salah satu nominator penerima penghargaan Smesco, dirinya berharap Uma Inovasi Selangit ini dapat menjadi juara dan ini merupakan kebanggan tersendiri bagi Musi Rawas dan sebagai motivasi bagi UKM di daerah ini untuk berinovasi dan berkreasi dalam memanfaatkan sumberdaya alam lokal yang ada.
Ketua Tim Juri Smesco Award, H Irsyad Muchtar didampingi LLP KUKM Smesco Indonesia, Irwan disela-sela kunjunganya memberikan apresiasi atas Inovasi yang telah diciptakan oleh Uma Inovasi Selangit, dirinya meyakini UKM ini dapat menjadi salah satu penerima Smesco Award dari tujuh penghargaan smesco award yang tersedia.
Penghargaan ini, ungkap Irsyad merupakan salah satu bentuk penghargaan bagi inisiator dan pelaku UKM serta pengusaha yang telah mampu mengembangan inovasi dan kreasi. Selain itu, kata Irsyad melalui ajang smesco award ini diharapkan dapat memacu meningkatkan kinerja UKM di Indonesia khususnya di Kabupaten Musi Rawas. (*)
Diberdayakan oleh Blogger.