Header Ads

PT. Dahana BUMN Pembuat Roket dan Bahan Peledak


Jakarta, (21/3/2017) – Tak banyak tahu dari kita bahwa di Indonesia ada salah satu BUMN (Persero) yang mampu membuat bahan peledak dan roket yang mampu menjelajah sampai sejauh 100 KM.
PT. Dahana (Persero) yang berkantor pusat di wilayah kota Subang adalah salah satu BUMN yang memproduksi bahan peledak dan roket. Utamanya bahan peledak yang dibuat itu digunakan oleh perusahaan-perusahaan pertambangan dan konstruksi, selain itu PT. Dahana juga memproduksi bom peledak untuk pesawat tempur Sukhoi dan juga roket.
Sudah beberapa tahun terakhir ini PT. Dahana mengemban tugas berat yakni mengembangkan teknologi bom dan roket untuk kebutuhan dalam negeri agar Indonesia tidak lagi terlalu tergantung pada bom import, dan hasil karyanyapun sudah diuji dalam berbagai latihan militer, sehingga membuat beberapa negara tetangga mulai melirik pada produk buatan Indonesia ini.
Menurut Direktur Utama Dahana, Budi Antono bahwa jika produknya dipesan oleh pemerintah, maka ini merupakan tugas negara bukan sekedar bisnis, diantara produk yang sudah dipesan oleh TNI AU adalah bom P-100 Live sebanyak 1.000 unit dengan harga US$ 6,4 juta per unitnya dan Roket R-han 122 dengan daya ketepatan sejauh 35 KM sebanyak 120 unit  yang dipesan oleh Kemenhan.
“Selain itu kami juga sedang mengembang roket jenis R-han 450 dengan daya ketepatan lebih 100 KM.” Tandasnya. (Hariri)
Diberdayakan oleh Blogger.