Header Ads

Koperasi Gratis Pakai Aplikasi Cash Coop


JAKARTA – Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng PT Finnet Indonesia guna memaksimalkan penggunaan Financial Technology (Fintech) bagi koperasi di Indonesia. Aplikasi Jaringan Konektivitas Koperasi (Cash Coop) salah satu penerapan Fintech ini akan dipakai gratis oleh koperasi di Indonesia.
Braman Setyo, Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan aplikasi CashCoop ‎merupakan tantangan koperasi untuk menerapkan Financial Technology (Fintech) telah terjawab. “Aplikasi ini akan kita berikan ke koperasi secara gratis. Koperasi tidak perlu lagi mananggung join fee atau biaya lainnya. Saya minta agar koperasi minimal menggunakan terlebih dahulu sambil menunggu pengembangan-pengembangan lain yang akan kita koordinasikan dengan tim dari Finnet,” katanya saat peluncuran Jaringan Konektivitas Koperasi di Jakarta.
Menurut dia, transaksi bisnis koperasi ketika berhubungan dengan bank, tidak akan semahal transaksi antar perbankan. Keuntungan lainnya, anggota koperasi juga akan memiliki kesempatan bisnis sesuai dengan fitur layanan yang diberikan. “Tantangan koperasi ke depan semakin berat dari lembaga keuangan modal besar dan kuat dari sisi teknologi informasi. Dengan begitu, diharapkan Koperasi Inklusif merupakan model yang dapat menggantikan posisi lembaga keuangan saat ini. Oleh karena itu, kalangan koperasi harus memanfaatkan layanan CashCoop ini secara maksimal,” ujarnya.
Dia mengatakan pihaknya bersama Finnet akan terus mengembangkan aplikasi ini hingga nantinya akan banyak transaksi yang dapat dilakukan koperasi sesuai dengan kondisi kebutuhan koperasi, diakses melalui jaringan khusus koperasi dan keuntungannya juga untuk koperasi (fee base income). “Jika koperasi telah memiliki ekosistem sendiri berbasis teknologi informasi ini, maka konsekuensinya koperasi akan mudah diakses masyarakat atau Koperasi Inklusif,” katanya.
Diberdayakan oleh Blogger.